Part 2: http://blog.gamedevid.org/?p=552
Part 3: http://blog.gamedevid.org/?p=702
Waduh! Sorry telat ngepost berhubung lagi liburan kemarin jadinya gak bisa ngepost sama sekali so sebagai gantinya saya postnya hari ini aja deh mumpung lagi ada waktu. So berikut adalah lanjutan dari apa yang sudah saya bahas pada post sebelumnya dan kini kita akan berbicara mengenai negara-negara pelaku game industry di benua timur lainnya.
South Korean Gaming Culture.
Kalau kita bicara soal Industri game di Korea, maka jelas kata game online atau MMORPG mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran kita. (atau kalau buat saya, “Starcraft” adalah kata yang terlintas di kepala saya setiap kali denger negara Korea) Namun, some of you maybe wonder, “Apa sih yang membuat Korea begitu hebat di dunia game online dan MMORPG?”
I'm pretty sure pasti pada inget game apa ini!
Alhasil, industri game online pun ngeBoom di Korea dan developer-developer game pun mulai bermunculan di Korea, dan tentunya mereka semua mayoritas berkecimpung di dunia MMORPG atau game online saja. Selanjutnya kita semua tau bahwa sampai hari ini, Korea Selatan masih merupakan negara penghasil game MMORPG terbesar dan masih menjadi raja dari industri game MMORPG dunia.
South Korean Game Industry Mentality.
Orang-orang Korea mungkin terlihat romantis dan ganteng-ganteng atau cantik-cantik di drama-drama Korea, tapi orang Korea yang sebenarnya itu sangatlah kompetitif (tapi tetep mereka ganteng2 and cantik2 karena kebanyakan pada operasi. lol!). Selain kompetitif, orang Koreapun terkenal high-tech. Makanya tidak heran, industri elektronik terbesar di dunia juga terletak di Korea.
Dari segi art and gameplay pun, Koreajuga cukup sama flexiblenya seperti Jepang dimana banyak game dan komik Korea yang masih memiliki art dengan nuansa “manga” Jepang. Sedangkan untuk tema yang digemari pun juga masih seputar “medieval Europe fantasy RPG” ala Lord of the Ring.
Mirip kostum Elven armornya LOTR, right?
China and Taiwan Game Industry Culture.
Dari semua negara timur yang saya sebutkan diatas, sebetulnya pasar market terbesar untuk game online terletak di China tentunya. Dalam hal ini, yang saya bicarakan lebih kepada para pemain dan bukan dari segi developer. China merupakan negara kedua dengan penduduk terpadat di dunia dan pengguna Internet di China tidaklah sedikit sehingga hal ini menjadi target bagi para pelaku industri game online seperti di Jepang dan Korea untuk menargetkan China sebagai ladang emas buat mereka.
As you can see, gamer di China banyaknya luar binasa.
Berbeda dengan Taiwan, dimana Taiwan lebih maju dari segi online game development dibandingkan China. Taiwan sendiri mulai banyak membuat game-game online sekelas MMORPG yang mereka harapkan bisa menembus pasar game online dunia seperti layaknya Korea. Memang terdapat beberapa kemiripan antaraTaiwan dan Korea, dan tampaknya Taiwan saat ini sedang berusaha mengejar Korea dari segi industri game online mereka.
China and Taiwan Game Industry Mentality.
Seiring dengan semakin baiknya jasa penyediaan internet di China, begitu pula dengan kalangan-kalangan menengah yang mengerti teknologi semakin banyak bermunculan di China, maka penduduk China yang sangat banyak merupakan market yang luar biasa besar untuk game-game online. Bagi para developer China yang masih baru di industri game ini, mereka tentunya ingin sekali bisa memonopoli industri game di local mereka sendiri. Namun sayangnya, kualitas game-game yang ada bisa sangat terlihat dan tampak cukup dibawah standard dikarenakan gameplay design yang kurang menarik.

Tebak ngeClone dari game apakah ini?
Dari segi outsource however, kualitas asset game yang dihasilkan di China tidak kalah dengan negara penghasil game lainnya di dunia. There is nothing wrong with China Game Industry from the skill perspective, but they need to work things out from their game design perspective.
One of Taiwan made MMORPG
Di part “Culture & Mentality” yang terakhir, akhirnya kita akan bahas mengenai Industri game local kita sendiri so ditunggu untuk yang part terakhirnya. Thanks for reading and Godspeed!.
Oh iya dan sebelumnya “HAPPY NEW YEAR 2012, people!”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar